Menurut Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, pengertian pendidikan yaitu tuntutan dalam hidup tumbuhnya anak-anak yang bermaksud menuntun segala kekuatan kodrati pada anak-anak itu supaya mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat mampu menggapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Berikut beberapa pengertian Pendidikan menurut ahli-ahli lainnya:
- Gunning dan Kohnstamm
- Carter. V. Good
- John Dewey
- Theodore Brameld
- H.H. Horne
- Stella van Petten Henderson
- Martinus Jan Langeveld
- Encyclopedia Americana 1978
Dari uraian di atas maka dapat ditarik kesimpulan yaitu pendidikan merupakan proses belajar secara terus menerus untuk mendapatkan pengetahuan, wawasan serta mengembangkan sikap dan keterampilan, dalam keseluruhan aktifitas sosial sehingga manusia tetap ada dan berkembang serta mampu menjaga idealismenya
Fungsi pendidikan
Lembaga pendidikan memiliki beberapa fungsi yang nyata yakni- Menanamkan keterampilan yang diperlukan untuk ikut ambil bagian dalam demokrasi
- Mengembangkan bakat yang dimiliki tiap orang demi kepentingan pribadi dan masyarakat
- Mempersiapkan anggota masyarakat untuk dapat mencari nafkah
- Melestarikan kebudayaan
- Mengurangi pengendalian orang tua. Melalui mekanisme pendidikan di sekolah, orang tua melimpahkan wewenang dan tugas dalam mendidik anak pada pihak sekolah
- Sebagai sarana untuk mengakomodir perselisihan paham seperti perbedaan pandangan antara pihak sekolah dan pihak umum tentang beberapa nilai tertentu misalnya keterbukaan, pendidikan seks dan lain sebagainya
- Menjaga system kelas sosial. Pendidikan sekolah adalah sebagai sarana siswa melangkah ke tahapan dimana pada akhirnya dapat memiliki status sosial yang sama atau lebih tinggi dari orang tuanya. Di sekolah juga diajarkan untuk dapat menerima berbagai perbedaan dan status yang ada di masyarakat
- Pendidikan sekolah juga dianggap mampu memperpanjang masa remaja seseorang karena peserta didik dianggap masih tergantung secara psikologis dan finansial pada orang tuanya menurut seorang pakar, David Popenoe, pendidikan memiliki fungsi-fungsi yang berhubungan dengan perkembangan resepsi sosial seseorang seperti sumber inovasi sosial, sarana pengajaran tentang adanya berbagai corak dan kultur kepribadian, transmisi kebudayaan, menjamin integrasi sosial dan memilih serta mengajarkan berbagai peranan dalam kehidupan sosial. Diharapkan pada kemudian hari seseorang dapat menjadi pribadi yang peka akan kehidupan sosial di sekitarnya .
0 komentar:
Posting Komentar