rpp pertemuan ke-3 kelas x materi logika matematika (ktsp)

Posted by




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                    : SMK BUDI ARTI CIREBON
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas/Semester         : X (sepuluh)
Alokasi Waktu         : 2 × 45 menit
Pertemuan ke           : 3

A.    Standar Kompetensi
Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemmuk dan pernyataan berkuator.

B.     Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.

C.    Indikator
1.      Memberi contoh dan membedakan implikasi, biimplikasi dan ingkarannya
2.      Membuat tabel kebenaran dari implikasi, biimplikasi dan ingkarannya
3.      Menentukan nilai kebenaran dari implikasi, biimplikasi dan ingkarannya


D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat :

1.      Memberi contoh dan membedakan implikasi, biimplikasi dan ingkarannya
2.      Membuat tabel kebenaran dari implikasi, biimplikasi dan ingkarannya
3.      Menentukan nilai kebenaran dari implikasi, biimplikasi dan ingkarannya


E.     Materi Pembelajaran
Logika Matematika

Implikasi dan Biimplikasi
1.      Implikasi
Dua pernyataan p dan q dapat dibuat menjadi satu pernyataan baru atau kalimat majemuk menjadi bentuk “jika p maka q”. Pernyataan baru yang disusun dengan cara seperti ini disebut pernyataan implikasi atau pernyataan bersyarat atau kondisional dari pernyatan p dan q. Bagian “jika p” dinamakan alasan atau sebab (antesenden/hipotesis) dan bagian “maka q” dinamakan kesimpulan atau akibat (konklusi atau konsekuen). Implikasi “jika p maka q” dalam bentuk simbol ditulis:

p Þ q (dibaca “jika p maka q”)
Implikasi p Þ q dapat dibaca sebagai berikut :
v  q hanya jika p
v  p syarat cukup bagi q
v  q syarat perlu bagi p

Contoh 1 :
a.        p        : 2 adalah faktor dari 6
q         : 6 adalah bilangan genap
p Þ q : Jika 2 adalah faktor dari 6 maka 6 adalah bilangan genap

b.       p        : Sekarang hari mendung
q         : Sekarang akan turun hujan
p Þ q : Jika sekarang hari mendung maka sekarang akan turun hujan

c.        p        : 3 + 5 = 10
q         : 3 adalah bilangan prima
p Þ q : Jika 3 + 5 = 10 maka 3 adalah bilangan prima

Nilai kebenaran pernyataan implikasi ditentukan oleh nilai kebenaran masing masing komponennya bukan oleh hubungan dua pernyataan tunggalnya. Nilai kebenaran dari implikasi ditentukan sebagai berikut :

Tabel Kebenaran :

P
Q
p Þ q
B
B
B
B
S
S
S
B
B
S
S
B

Nilai Kebenaran
Implikasi p Þ q bernilai salah jika p benar dan q salah, dalam kemungkinan lain p Þ q bernilai benar.

Contoh 2 :
a.        p        : 2 > 3
q         : 2 adalah bilangan genap
p Þ q : Jika 2 > 3 maka 2 adalah bilangan genap
                       S                                  B
Sehingga implikasi bernilai benar, karena alasan salah dan kesimpulan benar

b.       p        : E adalah nomor kendaraan untuk wilayah Cirebon
q         : 1 + 4 = 7
p Þ q : Jika E adalah nomor kendaraan untuk wilayah Cirebon maka 1 + 4 =7                                                      B                                                         S
Sehinggan implikasi ini bernilai salah, karena alasan benar kesimpulan salah

c.        p        : Hasil kali dua bilangan negatif adalah bilangan positif
q         : -1 < o
p Þ q : Jika hasil kali dua bilangan negatif adalah bilangan positif maka -1<0
                                                           B                                                           B
Sehingga implikasi ini bernilai benar, karena alasan dan kesimpulan benar.

2.      Biimplikasi atau Ekuivalensi
Dua pernyataan p dan q dapat dibuat menjadi satu pernyataan baru atau kalimat majemuk menjadi bentuk “p jika dan hanya jika q”. Pernyataan baru yang disusun dengan cara seperti ini disebut pernyataan biiimplikasi atau ekuivalensi dari pernyataan p dan q. Biimplikasi dari pernyataan p dan q dalam bentuk simbol ditulis :
                                          P Û q (dibaca “p jika dan hanya jika q”)

Biimplikasi p Û q dapat pula dibaca sebagai berikut :
v  Jika p maka q dan jika q maka p
v  p syarat perlu dan cukup bagi q
v  q syarat perlu dan cukup bagi p

Nilai kebenaran dari pernyataan biimplikasi ditentukan sebagai berikut :

P
q
p Û q
B
B
B
B
S
S
S
B
S
S
S
B

Nilai Kebenaran
Biimplikasi p Û q bernilai benar jika p dan q mempunyai nilai kebenaran sama. Dalam kemungkinan lain biimplikasi bernilai salah.

Contoh 1 :
a.       p          : 5 > 1
q          : 32 = 9
p Û q  : 5 > 1 jika dan hanya jika 32 = 9
                            B                                         B
Sehingga biimplikasi bernilai benar karena mempunyai nilai kebenaran sama.

b.      p          : 5 < 1
q          : 32 = 9
p Û q  : 5 < 1 jika dan hanya jika 32 = 9
                             S                                         B
Sehingga biimplikasi bernilai salah karena mempunyai nilai kebenaran berbeda.

c.       p          : Jakarta adalah bukan kota terbesar di Indonesia
q          : 32 ≠ 9
p Û q  : Jakarta bukan kota terbesardi Indonesia jika dan hanya jika 32 ≠ 9
                                                            S                                                                S
Sehinggan biimplikasi bernilai benar karena mempunyai nilai kebenaran sama.
Contoh 2 :
Tentukan nilai kebenaran dari pasangan pernyataan majemuk berikut dalam satu tabel!
a.       ~(p Ù q); ~p Ú ~q              c. ~(p Þ q); p Ù ~q
b.      ~(p Ú q); ~p Ù ~q              d. ~(p Û q); ~p Û q
Jawab
a.        
P
q
~p
~q
p Ù q
~( p Ù q)
~p Ú ~q
B
B
S
S
B
S
S
B
S
S
B
S
B
B
S
B
B
S
S
B
B
S
S
B
B
S
B
B
1                2              3             4              5                 6                7
Keterangan :
v  Kolom ke 1 dan ke 2 merupakan kemungkinan dari dua pernyataan sehingga terdiri dari 4 kemungkinan (baris) yang diperoleh 22 = 4
v  Kolom ke 3 dan ke 4 merupakan negasi / ingkaran dari pernyataan pada kolom ke 1 dan ke 2
v  Kolom ke 5 merupakan pernyataan konjungsi dan
v  Kolom ke 6 merupakan negasi dari pernyataan konjungsi
v  Kolom ke 7 merupakan disjungsi dari pernyataan kolom ke 3 dan ke 4
Nilai kebenaran pada kolom ke 6 adalah ekuivalen atau setara pada kolom ke 7 adalah SBBB, sehingga dapat disimpulkan bahwa negasi dari pernyataan konjungsi p Ù q adalah ~p Ú ~q dan dapat ditulis sebagai berikut.
Text Box: ~( p Ù q) º ~p Ú ~q                                                                                                                              
                                                                                         Hukum De Morgan

Cara lain untuk membuat tabel kebenaran adalah sebagai berikut :
~
(p
Ù
q)
S
B
B
B
B
B
S
S
B
S
S
B
B
S
S
S
1        2        3      4
~
P
Ú
~
q
S
B
S
S
B
S
B
B
B
S
B
S
B
S
B
B
S
B
B
S
 5       6        7       8      9
Keterangan :
v  Kolom ke 2,4,6 dan 9 merupakan kemungkinan nilai kebenaran dari p dan q.
v  Kolom ke 3 merupakan konjungsi p dan q, yaitu p Ù q
v  Kolom ke 1 nilai dari ~ (p Ù q)
b.       
                           
P
q
~p
~q
p Ú q
~( p Ú q)
~p Ù ~q
B
B
S
S
B
S
S
B
S
S
B
B
S
S
S
B
B
S
B
S
S
S
S
B
B
S
B
B
                            1              2               3              4                5                  6                  7

Nilai kebenaran pada kolom ke 6 adalah ekuivalen atau setara dengan pada kolom ke 7 adalah SSSB, sehingga dapat disimpulkan bahwa negasi dari pernyataan disjungsi p Ú q adalah ~p Ù ~q dan dapat ditulis sebagai berikut :


Text Box: ~(p Ú q) º ~p Ù ~q
 
                                            
c.          

P
q
~q
p Þ q
~( p Þ q)
p Ù ~q
B
B
S
B
S
S
B
S
B
S
B
B
S
B
S
B
S
S
S
S
B
B
S
S
                            1              2               3              4                5                  6        

Nilai kebanaran pada kolom ke 5 adalah ekuivalen atau setara dengan pada kolom ke 6 adalah SBSS, sehingga dapat disimpulkan bahwa negasi dari pernyataan implikasi p Þ q adalah p Ù ~q dan dapat ditulis sebagai berikut.
Text Box: ~( p Þ q) º p Ù ~q 




        
d.            
P
q
~p
~q
p Û q
~( p Û q)
~p Û q
B
B
S
S
B
S
S
B
S
S
B
S
B
B
S
B
B
S
S
B
B
S
S
B
B
B
S
S
                                  1              2               3              4                5                  6                  7

Nilai kebanaran pada kolom ke 6 adalah ekuivalen atau setara dengan pada kolom ke  adalah SBBS, sehingga dapat disimpulkan bahwa negasi dari pernyataan Biimplikasi p Û q adalah ~p Û q dan dapat ditulis sebagai berikut.
Text Box: ~( p Û q) º ~p Û qText Box: ~( p Û q) º p Û ~q

                                          
                                              Atau 




F.     Metode Pembelajaran

Metode        : Ekspositori, tanya jawab, penugasan
Model           : -
Pendekatan Realistik : Kontruktivisme

G.    Langkah Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Berdoa
2.   Memeriksa kehadiran siswa
3.   Menyampaikan materi yang akan diajarkan yaitu implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.
4.   Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.   Menyampaikan materi prasyarat (apersepsi).
6.   Menyampaikan motivasi.
1.      Memimpin doa
2.      Siswa mendengarkan      materi yang disampaikan oleh guru.

10  menit
Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.    Menjelaskan materi implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.


ELABORASI
1.    Memberikan latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa.

2.    Memberikan waktu pada siswa untuk  mejawab soal-soal yang telah diberikan.


3.    Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan jawaban  dari materi implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.

KONFIRMASI
1.    Memberikan kesempatan kepada setiap siswa  untuk bertanya kepada siswa yang sedang mempresentasikan hasil jawabanya.

2.     Membahas soal-soal yang dianggap sulit bagi siswa.

1.     Menyimak dan menulis materi implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.


1.     Mengerjakan soal-soal latihan.


2.     Mengerjakan soal tersebut secara individu.



3.     Mempresentasikan jawaban  materi  implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.



1.     Aktif dalam bertanya dan menjawab soal-soal latihan.



2.     Menyimak dan menulis penjelasan dari guru.
65 menit







Kegiatan Penutup
1.   Membimbing siswa menarik kesimpulan mengenai materi implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.

2.   Diberikan soal latihan materi implikasi, biimplikasi dan ingkarannya untuk dikerjakan dirumah.
3.   Menyampaikan materi konvers, invers dan kontraposisi pada pertemuan berikutnya dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajarinya terlebih dahulu.
1.     Dipandu oleh guru menarik kesimpulan mengenai materi implikasi, biimplikasi dan ingkarannya.

2.     Mendengarkan dan mancatat tugas yang diberikan guru.
15 menit


H.     Sumber, Media dan Alat
Sumber :   to’ali, Jakarta : pusat pembukaan, departemen pendidikan nasional,     2008
Media  dan Alat  :            Power point. LCD, NoteBook, Papan Tulis, Spidol.

I.       Penilaian
Teknik Penilaian   : Tes tulis
Bentuk instrumen  : Tes Uraian
Contoh instrumen :
1.      Tentukan nilai kebenaran pernyataan-pernyataan tunggal dari implikasi berikut ini !
a.       Jika bilangan habis dibagi dua maka bilangan itu adalah genap
b.      Jika besar sudut-sudut segi tiga sama maka panjang sisi-sisi segitiga sama
c.       Jika x Î A Ç B maka x Î A dan x Î B
d.      Jika panjang sisi segi empat sama maka ia adalah suatu persegi panjang
e.       Jika 9 merupakan bilangan ganjil maka 4 + 5 ≠ 9

2.      Diketahui p : saya lulus ujian; q saya akan melanjutkan ke perguruan tinggi.
Buatlah pernyataan yang disimbolkan dengan implikasi berikut ini.
a.       p Þ q                   c. p Þ ~q                    e. ~(p Þ q)
b.      ~p Þ q                 d. ~p Þ ~q                 f. ~(p Þ ~q)
3.      Buatlah pernyataan baru yang berbentuk biimplikasi dari pernyataan-pernyataan berikut ini, kemudian tentukan nilai kebenaran dari biimplikasi yang diperoleh!
a.       p: 3 < 5 ; q: -3 < -5
b.      p: a = b ; q: a + c = b + c
c.       p: n bilangan ganjil ; q: n2 bilangan ganjil, n Î B
4.      Tentukan nilai x agar biimplikasi berikut bernilai benar !
a.       2x + 3 = 4 jika dan hanya jika 2 > 3
b.      Harimau adalah binatang buas jika dan hanya jika x – 3 = 4
5.      Tentukan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berikut ini !
a.       (p Ú q) Þ ~p
b.      (~p Þ q) Ù ~q
Kunci Jawaban:
No.
Soal
Skor  Nilai
1.
Tentukan nilai kebenaran pernyataan-pernyataan tunggal dari implikasi berikut ini !
a.       Jika bilangan habis dibagi dua maka bilangan itu adalah genap
                  B                                                    B
Sehingga implikasi ini bernilai benar, karena alasan dan kesimpulan benar                             
b.      Jika besar sudut-sudut segi tiga sama maka panjang sisi-sisi segitiga
                B                                                   B
sama
Sehingga implikasi ini bernilai benar, karena alasan dan kesimpulan benar
c.       Jika x Î A Ç B maka x Î A dan x Î B
          B                           B
Sehingga implikasi ini bernilai benar, karena alasan dan kesimpulan benar
d.      Jika panjang sisi segi empat sama maka ia adalah suatu persegi
                        B                                            B
panjang
Sehingga impliklasi ini bernilai benar, karena alasan dan kesimpulan benar
e.       Jika 9 merupakan bilangan ganjil maka 4 + 5 ≠ 9
                  B                                        S
Sehingga implikasi ini bernilai salah, karena alasan benar kesimpilan salah





5


5



5



5



5

Skor
25
2.
Diketahui p : saya lulus ujian; q saya akan melanjutkan ke perguruan tinggi.
Ditanyakan : Buatlah pernyataan yang disimbolkan dengan implikasi berikut ini.
a.       p Þ q        
Jika saya lulus ujian maka akan melanjutkan ke perguruan tinggi            
b.       p Þ ~q                 
jika saya lulus ujian maka saya tidak akan melanjutkan ke perguruan tinggi
c.       ~p Þ q
Jika saya tidak lulus ujian maka saya akan melanjutkan ke perguruan tinggi
d.      ~p Þ ~q    
Jika saya tidak lulus ujian maka saya tidak akan melanjutkan ke perguruan tinggi
e.       ~(p Þ q)
Tidak benar jika saya lulus ujian maka akan melanjutkan ke perguruan tinggi
f.       ~(p Þ ~q)
Tidak benar jika saya lulus ujian maka saya tidak akan melanjutkan ke perguruan tinggi

      







3



3



3



3



3



3


Skor
18
3
Buatlah pernyataan baru yang berbentuk biimplikasi dari pernyataan-pernyataan berikut ini, kemudian tentukan nilai kebenaran dari biimplikasi yang diperoleh!
a.       p: 3 < 5 ; q: -3 < -5
p Û q : 3 < 5 jika hanya jika -3 < -5
               B                             S
Sehingga biimplikasi bernilai salah karena mempunyai nilai kebenaran berbeda

b.      p: a = b ; q: a + c = b + c
p Û q : a = b jika dan hanya jika a + c = b + c
              B                                      B
Sehingga biimplikasi bernilai benar karena mempunyai nilai kebenaran sama
c.       p: n bilangan ganjil ; q: n2 bilangan ganjil, n Î B
p Û q : n bilangan ganjil jika dan hanya jika n2 bilangan ganjil, n ÎB
                      B                                                      B
Sehingga biimplikasi bernilai benar karena mempunyai nilai kebenaran sama







6









6





6

Skor
18
4
Tentukan nilai x agar biimplikasi berikut bernilai benar !
a.       2x + 3 = 4 jika dan hanya jika 2 > 3
p: 2x + 3 = 4
         2x = 4 – 3
          x = ½
2(1¤2) + 3 = 4
q: 2 > 3
p Û q : 2x + 3 = 4 jika hanya jika 2 > 3
                B                                  S
Sehingga biimplikasi bernilai salah karena mempunyai nilai kebenaran yang berbeda
b.      Harimau adalah binatang buas jika dan hanya jika x – 3 = 4
p: harimau adalah binatang buas
q: x – 3 = 4
    x = 4 + 3
    x = 7
7 – 3 = 4
p Û q : harimau adalah hewan buas jika dan hanya jika x – 3 = 4
                            B                                                                   B


9













9






Skor
18
5
Tentukan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berikut ini !
a.       (p Ú q) Þ ~p
P
Ú
Q
Þ
~p
B
B
B
S
S
B
B
S
S
S
S
B
B
B
B
S
S
S
B
B

Jadi nilai kebenaranya adalah SSBB
b.      (~p Þ q) Ù ~q
~p
Þ
Q
Ù
~q
S
B
B
S
S
S
B
S
B
B
B
B
B
S
S
B
S
S
S
B

Jadi nilai kebenaranya adalah SBSS




10















11

Skor
21

Total skor
100

Penilaian           =   (Total Skor  / 100) x 100
                                           























                        Cirebon,  13 Januari 2015

   Mahasiswa PPL,                                                                       Guru Pamong,



   Nana Sumarna                                                                   Mimin Mintarsih, S.Pd.I
                                                                 

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Mimin Siti Aminah .MM









Blog, Updated at: 08.13

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

uma

uma

Cari Blog Ini

Cari Blog Ini