representasi

Posted by



Respresentasi matematis adalah ungkapan ungkapan dari ide matematis yang di tampilkan siswa sebagai model atau bentuk pengganti dari suatu situasi masalah yang digunakan untuk menemukan solusi dari suatu masalah yang sedang di hadapi sebagai hasil dari interpretasi pikirannya.Menurut Hudiono (2005:17) menyatakan bahwa kemampuan respresentasi dapat memudahkan dan memahami konsep konsep matematika yang di pelajari dan mengenal keterkaitan (koneksi) di antara konsep konsep matematika ataupun menerapkan matematika pada permasalahan matematik realistik melalui pemodelan.
Kemampuan respresentasi matematis merupakan kemampuan menyatakan ide atau gagasan matematis dalam bentuk gambar,grafis,tabel,diagram ,persamaan atau ekspresi matematika,simbol simbol tulisan atau kata kata tertulis.kemampuan respresentasi matematis membantu siswa dalam membangun konsep ,memahami konsep dan ide ide matematis,serta memudahkan untuk mengembangkan kemampuan yang di milikinya.Salah satu pencapaian proses pembelajaran matematika hendaknya menjamin siswa agar bisa menyajikan konsep konsep yang dipelajarinya dalam berbagai macam model matematika,membantu mengembangkan pengetahuan siswa secara mendalam,dengan cara guru  memfasilitasi mereka melalui pemberian kesempatan yang lebih luas untuk mempresentasikan gagasan gagasan matematis (Suparlan,2005).
·         Indikator-Indikator dalam Representasi Matematis
Penggunaan representasi yang baik akan mampu mengaitkan informasi yang dipelajari dengan kumpulan informasi yang sudah dimiliki siswa. Pemaknaan terhadap hubungan yang mungkin terjadi di antara berbagai informasi yang melekat di sistem representasi tersebut pada dasarnya merupakan upaya untuk memperoleh pemahaman. Oleh karena itu, penggunaan representasi juga mempunyai sumbangan yang sangat besar bagi terbentuknya pemahaman konsep. Sebaliknya, penggunaan representasi yang kurang dan tidak memadai dapat membawa kepada kepicikan pemahaman siswa (As’ari, 2001:  85).
Dalam pengembangan representasi matematika perlu diperhatikan indikatorindikator untuk tercapainya peningkatan representasi matematika. Berdasarkan uraian di atas indikator representasi yang akan diteliti adalah:
1.      Menciptakan dan menggunakan representasi untuk mengorganisir, mencatat, dan mengkomunikasikan ide-ide matematika;
Contoh soal :
Lengkapilah diagram panah berikut.
Faktor dari
A
B
2
3
4
5
3
4
5
6
 








2.      Memilih, menerapkan, dan menerjemahkan representasi matematika untuk memecahkan masalah.
Contoh soal :
Dalam keluarga Pak Andi, Pak Andi lebih tua dari Bu Andi. Anak-anak mereka adalah Gina, Indra, dan Mira. Gina adalah anak sulung dan Mira adalah anak bungsu. Gambarlah diagram panah untuk menunjukan relasi “lebih tua dari” pada keluarga Pak Andi!
3.      Menggunakan representasi untuk memodelkan dan menginterpretasikan fenomena fisik, sosial, dan fenomena matematika.
Dina ●
Reza ●
Andi ●
Irma ●
● Bu nita
● Bu wati
● Bu nina
●Bu ida
A
B
Anak dari
Contoh soal :









Diketahui himpunan A ={Dina, reza, Andi, Irma} , dan B = {Bu nota, Bu wati, Bu nina, Bu ida} relasi yang di definisikan adalah “Anak dari”, apakah relasi dari anggota A ke B adalah fungsi ? Jelaskan?
2.4                  Penalaran Matematis
Penalaran adalah bentuk khusus dari berfikir dalam upaya pengambilan penyimpulan dan pengambilan konklusi yang di gambarkan premis.Dalam kamus besar bahasa indonesia (Depdiknas :2008) dijelaskan bahwa kata “penalaran” berasal dari kata nalar yang artinya pertimbangan tentang baik buruk dan sebagainya, bisa juga diartikan kegiatan yang memungkinkan seseorang berpikir logis. Sedangkan penalaran berarti cara menggunakan nalar; pemikiran atau cara berpikir sesuai akal (logika).
Sumarmo (2003) mengemukakan bahwa penalaran matematika adalah suatu kemampuan yang muncul dalam bentuk: menarik kesimpulan logis  menggunakan penjelasan dengan menggunakan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan; memperkirakan jawaban dan proses solusi; menggunakan pola dan hubungan; untuk menganalisis situasi matematik, menarik analogi dan generalisasi  menyusun dan menguji konjektur memberikan contoh penyangkal (counter example)  mengikuti aturan inferensi; memeriksa validitas argumen; menyusun argumen yang valid  menyusun pembuktian langsung, tak langsung dan menggunakan induksi matematika.
Menurut Lithner (dalam Cita Dwi Rosita :2013) penalaran adalah pemikiran yang diadopsi untuk menghasilkan pernyataan dan mencapai kesimpulan pada pemecahan masalah yang tidak selalu didasarkan pada logika formal sehingga tidak terbatas pada bukti.
Kemampuan penalaran merupakan salah satu kemampuan berfikir tingkat tinggi , standar kurikulum dan evaluasi untuk matematika sekolah (NCTM, 1989) mengidentifikasi bahwa, komunikasi, penalaran, (reasoning), dan problem solving  merupakan proses yang penting dalam pembelajaran matematika dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah matematika.
Dari pengertian para ahli di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa penalaran matematika adalah proses berpikir untuk menentukan apakah sebuah argumen matematika benar atau salah dan juga dipakai untuk membangun suatu argumen matematika baru.Menurut Sumarmo (Kusumah,  2008:15), indikator penalaran matematis :
1)      Menarik kesimpulan logis.
2)      Memberikan penjelasan dengan menggunakan model, fakta-fakta, sifat-sifat, dan hubungan.
Berdasarkan uraian diatas, indikator kemampuan penalaran yang akan dilakukan untuk penelitian adalah:
1.             Memberikan penjelasan dengan menggunakan model,fakta ,sifat-sifat dan hubungan
Firda•
Kiki•
Anis• 
• jazz
• pop
reggae
• country
A
B

Contohnya :Manakah diagram panah berikut ini yang merupakan fungsi dan bukan fungsi ? berikan alasannya

2.      Menarik kesimpulan logis
Contohnya :
Terdapat dua buah himpunan yakni himpunan M dan N ,himpunan M beranggotakan sejumlah siswa, sedangkan himpunan Terdapatdua buah himpunanN beranggotakan sejumlah bola voli . jika terdapat suatu relasi dari himpunan M ke himpunan N , apakah setiap kasus di bawah ini termasuk fungsi ? jelaskan !
a.                       Setiap siswa memainkan satu buah bola voli, tetapi ada satu bola yang tersisa dan tidak dimainkan
b.                      Semua bola voli dimainkan semua siswa, tetapi ada bola voli yang dimainkan dua siswa.


Blog, Updated at: 06.34

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

uma

uma

Cari Blog Ini

Cari Blog Ini