rpp pertemuan ke-1 materi logika matematika (ktsp)

Posted by



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                    : SMK BUDI ARTI CIREBON
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas/Semester         : X (sepuluh)
Alokasi Waktu         : 2 × 45 menit
Pertemuan ke           : 1

A.    Standar Kompetensi
Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemmuk dan pernyataan berkuator.

B.      Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan (kalimat terbuka)

C.    Indikator
1.      Membedakan kalimat berarti dan kalimat tidak berarti
2.      Membedakan pernyataan dan kalimat terbuka
3.      Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan


D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat :

1.      Membedakan kalimat berarti dan kalimat tidak berarti
2.      Membedakan pernyataan dan kalimat terbuka
3.      Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan

E.     Materi Pembelajaran
Logika Matematika

Pernyataan dan Bukan Pernyataan
Dalam kehidupan sehari-hari, jika ingin mengutarakan sesuatu, maka selalu menggunakan kalimat (rangkaian kata-kata). Menurut logika skema kalimat sebagai berikut :
1.      Kalimat berarti
Kalimat berarti adalah kalimat yang mempunyai arti
Contoh 1 :
a.       Fatimah siswi kelas X
b.      Jakarta terletak dipulau jawa
c.       6 x 8 = 50
2.      Kalimat tak berarti
Kalimat tak berarti adalah kalimat yang tidak mempunyai arti
Contoh 2 :
a.       Bank mencintai delapan
b.      Tiga makan lemari
3.      Kalimat deklaratif
Kalimat deklaratif adalah kalimat yang mempunyai nilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak sekaligus dua-duanya. Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa pernyataan adalah kalimat yang mempunyai nilai benar saja atau salah saja tetapi tidak benar dan salah sekaligus, atau dengan kata lain sebuah pernyataan adalah kalimat yang dapat ditentukan nilai kebenarannya (bernilai benar atau salah berdasarkan empirik atau non empirik).
Contoh 3 :
a.       p : Bilangan cacah adalah bilangan asli ditambah nol
b.      q : Lagu indonesia raya diciptakan oleh Kusbini
c.       r : jiak 2x = 6 maka x = 3 
pada contoh 3, p dan r adalah dua pernyataan yang bernilai benar sedangkan q adalah pernyataan yang bernilai salah.
4.      Kalimat Deklaratif Faktual (Pernyataan fakta)
Kalimat deklaratif faktual adalah pernyataan yang nilai kebenaraanya harus diselidiki terlebih dahulu.
Contoh 4 :
a.       Hanif adalah salah satu siswa SMK Taruna
b.      Fulan adalah seorang koruptor
c.       Telah terjadi kebakaran di perumahan Bumi Maya
5.      Kalimat Non Deklaratif (bukan pernyataan)
Kalimat non deklaratif adalah kalimat yang tidak dapat ditentukan nilai kebenaraanya.
Contoh 5 :
a.       Semoga tuhan mengampuni dosamu
b.      Berpakah jumlah siswa SMK se DKI jakarta ?
c.       Beristirahat jika anda lelah
6.      Kalimat Terbuka
Kalimat terbuka adalah kalimat yang belum dapat ditentukan nilai kebenaraanya. Ciri dasar kalimat terbuka adalah adanya peubah atau variabel.
Contoh 6 :
a.   2x + 3 = 9
b.  5 + n adalah bilangan prima
c.   Kota A adalah ibukota provinsi jawa tengah





F.     Metode Pembelajaran

Metode        : Ekspositori, tanya jawab, penugasan
Model           : -
Pendekatan Realistik : Kontruktivisme

G.    Langkah Pembelajaran
Tahapan Kegiatan
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.   Berdoa
2.   Menyampaikan materi pernyataan dan bukan pernyataan   yang akan diajarkan.
3.   Menyampaikan tujuan pembelajaran.
4.   Menyampaikan materi prasyarat (apersepsi).
5.   Menyampaikan motivasi.
1.      Memimpin doa
2.      Siswa mendengarkan      materi yang disampaikan oleh guru.

10  menit
Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.    Menjelaskan materi pernyataan dan bukan pernyataan.


ELABORASI
1.    Memberikan latihan soal yang harus dikerjakan oleh siswa.

2.    Memberikan waktu pada siswa untuk  mejawab soal-soal yang telah diberikan.


3.    Menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan jawaban  dari materi pernyataan dan bukan pernyataan..

KONFIRMASI
1.    Memberikan kesempatan kepada setiap siswa  untuk bertanya kepada siswa yang sedang mempresentasikan hasil jawabanya.
2.     Membahas soal-soal yang dianggap sulit bagi siswa.

1.     Menyimak dan menulis materi pernyataan dan bukan pernyataa.


1.     Mengerjakan soal-soal latihan.


2.     Mengerjakan soal tersebut secara individu.



3.     Mempresentasikan jawaban  materi pernyataan dan bukan pernyataan.



1.     Aktif dalam bertanya dan menjawab soal-soal latihan.



2.     Menyimak dan menulis penjelasan dari guru.
65 menit







Kegiatan Penutup
1.   Membimbing siswa menarik kesimpulan mengenai materi perntaan dan bukan pernyataan.

2.   Diberikan soal latihan materi pernyataan dan bukan pernyataan  untuk dikerjakan dirumah.
3.   Menyampaikan materi ingkaran, konjungsi dan disjungsi pada pertemuan berikutnya dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajarinya terlebih dahulu.
1.     Dipandu oleh guru menarik kesimpulan mengenai pernyataan dan bukan pernyataan.
2.     Mendengarkan dan mancatat tugas yang diberikan guru.
15 menit


H.     Sumber, Media dan Alat
Sumber :   to’ali, Jakarta : pusat pembukaan, departemen pendidikan nasional,     2008
Media  dan Alat  :            Power point. LCD, NoteBook, Papan Tulis, Spidol.

I.       Penilaian
Teknik Penilaian   : Tes tulis
Bentuk instrumen  : Tes Uraian
Contoh instrumen :
1.      Tentukan kalimat mana yang merupakan pernyataan !
a.       Jakarta ibu kota RI
b.      Silahkan duduk
c.       Hati-hati menyebrang
d.      Semoga lekas sembuh
e.       Saya seorang mahasiswa
f.       Berapa 9 dikurangi 7
g.      Manusia makan nasi
2.      Manakah dari kalimat berikut ini yang merupakan pernyataan ? jika pernyataan tentukanlah nilai kebenaranya !
a.       Setiap bilangan genap habis dibagi 2
b.      Semua hewan mempunyai ekor
c.       Sebutkan bilangan prima diantara 3 dan 100
d.      Penemu radio adalah Alexswit

Kunci Jawaban:
No.
Soal
Skor  Nilai
1.
Tentukan kalimat mana yang merupakan pernyataan !
a.       Jakarta ibu kota RI (merupakan kalimat pernyataan)
b.      Silahkan duduk (bukan pernyataan

c.       Hati-hati menyebrang (bukan pernyataan)


d.      Semoga lekas sembuh (bukan pernyataan)

e.       Saya seorang mahasiswa (pernyataan)

f.       Berapa 9 dikurangi 7 (bukan pernyataan)

g.      Manusia makan nasi (pernyataan)





3
3
3
3
3
3
3

3





Skor
21
2.
Manakah dari kalimat berikut ini yang merupakan pernyataan ? jika pernyataan tentukanlah nilai kebenaranya !
a.       Setiap bilangan genap habis dibagi 2 (pernyataan bernilai benar)

b.      Semua hewan mempunyai ekor (pernyataan bernilai benar)


c.       Sebutkan bilangan prima diantara 3 dan 100 (bukan pernyataan)

d.      Penemu radio adalah Alexswit (pernyataan bernilai salah)



8


7


7

7

Skor
29

Total skor
50

Penilaian           =   Total Skor    2
                                           

                     













                        Cirebon,  13 Januari 2015

   Mahasiswa PPL,                                                                       Guru Pamong,



   Nana Sumarna                                                                   Mimin Mintarsih, S.Pd.I
                                                                 

Mengetahui
Kepala Sekolah,



Mimin Siti Aminah .MM








Blog, Updated at: 08.07

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

uma

uma

Cari Blog Ini

Cari Blog Ini