RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                    : SMK BUDI ARTI CIREBON
Mata Pelajaran         :
Matematika
Kelas/Semester         : X (sepuluh)
Alokasi Waktu         : 2 × 45 menit
Pertemuan ke           : 1
A.    Standar Kompetensi
Menerapkan logika matematika dalam pemecahan masalah yang
berkaitan dengan pernyataan majemmuk dan pernyataan berkuator.
B.      Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan pernyataan dan bukan pernyataan
(kalimat terbuka)
C.    Indikator
1.      Membedakan kalimat berarti dan kalimat tidak
berarti
2.      Membedakan pernyataan dan kalimat terbuka
3.      Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1.      Membedakan kalimat berarti dan kalimat tidak
berarti
2.      Membedakan pernyataan dan kalimat terbuka
3.     
Menentukan nilai kebenaran
suatu pernyataan
E.     Materi
Pembelajaran
Logika
Matematika
Pernyataan
dan Bukan Pernyataan
Dalam kehidupan sehari-hari, jika ingin mengutarakan sesuatu, maka
selalu menggunakan kalimat (rangkaian kata-kata). Menurut logika skema kalimat
sebagai berikut :
1.     
Kalimat berarti
Kalimat berarti adalah kalimat yang
mempunyai arti
Contoh 1 :
a.      
Fatimah siswi kelas X
b.     
Jakarta terletak dipulau jawa
c.      
6 x 8 = 50
2.     
Kalimat tak berarti
Kalimat tak berarti adalah kalimat
yang tidak mempunyai arti
Contoh 2 :
a.      
Bank mencintai delapan
b.     
Tiga makan lemari
3.     
Kalimat deklaratif 
Kalimat deklaratif adalah kalimat
yang mempunyai nilai benar saja atau salah saja, tetapi tidak sekaligus
dua-duanya. Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa pernyataan adalah
kalimat yang mempunyai nilai benar saja atau salah saja tetapi tidak benar dan
salah sekaligus, atau dengan kata lain sebuah pernyataan adalah kalimat yang
dapat ditentukan nilai kebenarannya (bernilai benar atau salah berdasarkan
empirik atau non empirik).
Contoh 3 :
a.      
p : Bilangan cacah adalah
bilangan asli ditambah nol
b.     
q : Lagu indonesia raya
diciptakan oleh Kusbini
c.      
r : jiak 2x = 6 maka x = 3  
pada contoh 3, p dan r adalah dua pernyataan yang bernilai benar
sedangkan q adalah pernyataan yang bernilai salah.
4.     
Kalimat Deklaratif Faktual
(Pernyataan fakta)
Kalimat deklaratif faktual adalah
pernyataan yang nilai kebenaraanya harus diselidiki terlebih dahulu.
Contoh 4 :
a.      
Hanif adalah salah satu siswa
SMK Taruna
b.     
Fulan adalah seorang koruptor
c.      
Telah terjadi kebakaran di
perumahan Bumi Maya
5.     
Kalimat Non Deklaratif (bukan
pernyataan)
Kalimat non deklaratif adalah kalimat
yang tidak dapat ditentukan nilai kebenaraanya.
Contoh 5 :
a.      
Semoga tuhan mengampuni dosamu
b.     
Berpakah jumlah siswa SMK se
DKI jakarta ?
c.      
Beristirahat jika anda lelah
6.     
Kalimat Terbuka
Kalimat terbuka adalah kalimat yang
belum dapat ditentukan nilai kebenaraanya. Ciri dasar kalimat terbuka adalah
adanya peubah atau variabel.
Contoh 6 :
a.  
2x + 3 = 9
b. 
5 + n adalah bilangan prima
c.  
Kota A adalah ibukota provinsi
jawa tengah
F.    
Metode Pembelajaran
Metode        : Ekspositori, tanya jawab, penugasan
Model           : -
Pendekatan Realistik : Kontruktivisme
G.   
Langkah Pembelajaran
| 
Tahapan Kegiatan | 
Kegiatan Guru | 
Kegiatan Siswa | 
Alokasi Waktu | 
| 
Pendahuluan | 
1.   Berdoa 
2.   Menyampaikan materi pernyataan dan bukan
  pernyataan   yang akan diajarkan. 
3.   Menyampaikan tujuan pembelajaran. 
4.   Menyampaikan materi prasyarat
  (apersepsi). 
5.   Menyampaikan motivasi. | 
1.     
  Memimpin doa 
2.     
  Siswa mendengarkan      materi yang
  disampaikan oleh guru. | 
10  menit | 
| 
Kegiatan Inti | 
EKSPLORASI 
1.    Menjelaskan materi
  pernyataan dan bukan pernyataan. 
ELABORASI 
1.    Memberikan latihan soal yang
  harus dikerjakan oleh siswa.  
2.    Memberikan waktu pada
  siswa untuk  mejawab soal-soal yang
  telah diberikan. 
3.    Menunjuk salah satu
  siswa untuk mempresentasikan jawaban  dari materi pernyataan dan bukan pernyataan.. 
KONFIRMASI 
1.    Memberikan kesempatan
  kepada setiap siswa  untuk bertanya
  kepada siswa yang sedang mempresentasikan hasil jawabanya. 
2.     Membahas soal-soal yang dianggap sulit bagi siswa. | 
1.    
  Menyimak dan menulis materi pernyataan dan bukan pernyataa. 
1.    
  Mengerjakan soal-soal latihan. 
2.    
  Mengerjakan soal tersebut secara individu. 
3.    
  Mempresentasikan jawaban  materi
  pernyataan dan bukan pernyataan. 
1.    
  Aktif dalam bertanya dan menjawab soal-soal latihan. 
2.    
  Menyimak dan menulis penjelasan dari guru. | 
65 menit | 
| 
Kegiatan Penutup | 
1.   Membimbing siswa menarik
  kesimpulan mengenai materi perntaan dan bukan pernyataan. 
2.   Diberikan soal latihan materi pernyataan dan
  bukan pernyataan  untuk dikerjakan dirumah. 
3.   Menyampaikan materi ingkaran, konjungsi dan
  disjungsi pada
  pertemuan berikutnya dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajarinya
  terlebih dahulu.  | 
1.     Dipandu oleh guru
  menarik kesimpulan mengenai pernyataan dan bukan pernyataan. 
2.     Mendengarkan dan
  mancatat tugas yang diberikan guru. | 
15 menit | 
H.   
 Sumber, Media
dan Alat 
Sumber :   to’ali, Jakarta : pusat pembukaan, departemen pendidikan
nasional,     2008
Media  dan Alat  :            Power point. LCD, NoteBook, Papan Tulis,
Spidol.
I.      
Penilaian 
Teknik Penilaian  
: Tes tulis 
Bentuk instrumen  : Tes Uraian 
Contoh instrumen : 
1.     
Tentukan kalimat mana yang
merupakan pernyataan !
a.      
Jakarta ibu kota RI
b.     
Silahkan duduk
c.      
Hati-hati menyebrang
d.     
Semoga lekas sembuh
e.      
Saya seorang mahasiswa 
f.      
Berapa 9 dikurangi 7
g.     
Manusia makan nasi
2.     
Manakah dari kalimat berikut
ini yang merupakan pernyataan ? jika pernyataan tentukanlah nilai kebenaranya !
a.      
Setiap bilangan genap habis
dibagi 2
b.     
Semua hewan mempunyai ekor
c.      
Sebutkan bilangan prima
diantara 3 dan 100
d.     
Penemu radio adalah Alexswit
Kunci Jawaban:
| 
No. | 
Soal | 
Skor  Nilai | 
| 
1. | 
Tentukan kalimat mana yang merupakan pernyataan ! 
a.       Jakarta ibu kota RI (merupakan kalimat
  pernyataan) 
b.      Silahkan duduk (bukan pernyataan 
c.       Hati-hati menyebrang (bukan pernyataan) 
d.      Semoga lekas sembuh (bukan pernyataan) 
e.       Saya seorang mahasiswa (pernyataan) 
f.       Berapa 9 dikurangi 7 (bukan pernyataan) 
g.      Manusia makan nasi (pernyataan) | 
3 
3 
3 
3 
3 
3 
3 
3 | 
| 
Skor | 
21 | |
| 
2. | 
Manakah dari kalimat berikut ini yang merupakan
  pernyataan ? jika pernyataan tentukanlah nilai kebenaranya ! 
a.       Setiap bilangan genap habis
  dibagi 2
  (pernyataan bernilai benar) 
b.      Semua hewan mempunyai ekor (pernyataan bernilai
  benar) 
c.       Sebutkan bilangan prima
  diantara 3 dan 100 (bukan pernyataan) 
d.      Penemu radio adalah Alexswit (pernyataan bernilai
  salah) | 
8 
7 
7 
7 | 
| 
Skor | 
29 | |
| 
Total skor | 
50 | 
Penilaian  
        =  
Total Skor    2
 2
 2
 2
 
                      Cirebon,  13
Januari 2015
   Mahasiswa PPL,                                                                       Guru Pamong,
   Nana
Sumarna                                                                   Mimin
Mintarsih, S.Pd.I
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Mimin
Siti Aminah .MM

 
0 komentar:
Posting Komentar