(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP N 2 GREGED
Kelas/Semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
Matematika-Wajib
Topik
: Himpunan
Waktu : 1 × 25 menit
A. Kompetensi
Inti SMP KELAS VII:
1.1
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
1.2
Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
1.3
Memahami,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
1.4
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
2.1
Menunjukkan sikap
logis, kritis, analitik, konsisten
dan teliti, bertanggung jawab, responsif
dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Mengetahui
pengertian himpunan, penyajian dan pengelompokkan himpunan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat mengetahui pengertian
himpunan, bentuk penyajian dan pengelompokkan himpunan.
D.
Materi
Pembelajaran
Himpunan (Terlampir)
E.
Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
adalah pendekatan saintifik (scientific).
Dan metode pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan
kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem
based learning)
F.
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru melakukan pembukaan dengan salam
pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, kemudian memeriksa kehadiran
siswa sebagai cerminan sikap disiplin.
Apersepsi :
Guru
bertanya dan mengecek pemahaman siswa tentang materi himpunan.
|
2 menit
|
Motivasi :
Guru memberikan motivasi berdasarkan materi yang akan
disampaikan. Guru mengarahkan bahwa dalam belajar kita harus teguh pada
pendirian dan bersungguh-sungguh karena dalam jenis pelajaran apapun pasti
akan memberikan manfaat yang baik dalam kehidupan peserta didik.
|
||
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan
memberikan acuan tentang bahan yang akan dipelajari, cara belajar, dan cara
melakukan penilaian dalam proses pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti
|
Mengamati
1.
Siswa melakukan pengamatan atas
permasalahan yang diberikan oleh guru berkaitan dengan materi himpunan
khususnya mengenai pengertian, penyajian, dan pengelompokkan himpunan .
Menanya
Guru memberikan
pertanyaan dasar seputar pengetahuan siswa mengenai himpunan. Dari
jawaban-jawaban siswa yang beragam kemudian guru menyimpulkan jawaban
tersebut menjadi dasar dalam penentuan definisi himpunan.
Berdasarkan
alternatif penyelesaian masalah diatas siswa dapat menyimpulkan definisi himpunan sebagai berikut :
Himpunan adalah sekumpulan objek atau benda yang memiliki
karakteristik yang sama atau terdefinisi dengan jelas.
Selain itu, pertanyaan
dapat berasal dari siswa berkaitan dengan penyampaian yang diberikan oleh
guru.
Menalar
1. Siswa diminta menyebutkan contoh himpunan dan bukan himpunan
2. Siswa diminta membentuk kelompok yang anggotanya terdiri dari 6
orang atau dengan jumlah yang disesuaikan dengan
kondisi siswa dalam kelas (Kelompok yang dibentuk sebanyak 5 kelompok).
Mengeksplorasi
1.
Guru memberikan soal yang berkaitan dengan
materi himpunan dalam bentuk lembar kerja
2.
Guru
mengamati siswa berdiskusi pada masing – masing kelompok dalam waktu singkat
3.
Siswa
mencoba menyelesaikan soal
yang diberikan guru
Mengkomunikasi
1.
Siswa
menyimpulkan hasil diskusi dalam kelompoknya
2.
Masing-masing kelompok menunjuk satu orang perwakilan anggota kelompok
mereka untuk menyelesaikan lembar kerja di papan tulis, sedangkan kelompok yang
lain menanggapi dengan santun.
|
20 menit
|
Penutup
|
1. Guru
menyimpulkan materi yang telah disampaikan
2. Guru memberikan pekerjaan rumah sebagai instrumen penilaian
pengetahuan individu siswa
3. Berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
4. Guru mengucapkan salam.
|
3 menit
|
G.
Media pembelajaran
1. Media
dan Alat :
Power point. LCD, NoteBook, Papan
Tulis, Spidol.
2.
Sumber : Buku KEMENDIKBUD 2013 (Buku Sekolah
Elektronik) Matematika SMP Kelas VII
H.
Penilaian
Hasil Belajar
1.
Teknik
Penilaian :
pengamatan, tes tertulis
2.
Prosedur
Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat
aktif dalam pembelajaran himpunan.
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
1.
Siswa dapat
menjelaskan kembali pengertian
himpunan.
2.
Siswa dapat
menyajikan himpunan dengan mendaftarkan anggotanya.
3.
Siswa dapat
menyajikan himpunan dengan menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya
4.
Siswa dapat
menyajikan himpunan dengan menuliskan notasi pembentuk himpunan
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan himpunan.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)
dan saat diskusi
|
I.
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Tes
tertulis (Pekerjaan Rumah)
Soal
1.
a. Diketahui K = {
bilangan asli kuadrat kurang dari 60 }
Nyatakan himpuan K
dengan mendaftar anggota-anggotanya
b.
Nyatakan himpuan berikut dengan menyatakan sifat yang
dimiliki anggotanya
(i)
A = { penggaris, pencil, penghapus }
(ii)
B = { 2, 4, 6, 8, ... }
c.
Nyatakan himpunan berikut dengan menuliskan notasi
pembentuk himpuan !
i.
C = { a, i, u, e, o }
ii.
D = { 5, 10, 15, 20, ....}
- Dalam sebuah kelas terdapat 45 siswa yang terdiri dari 32 siswa yang gemar makan soto, 35 siswa yang gemar makan sate, dan 27 siswa gemar makan soto dan sate. Berapa banyak siswa yang tidak gemar makan soto dan sate?
- Diketahui P = { pembagi 12 } . Banyaknya himpunan bagian yang mempunyai 4 anggota adalah …
Rubrik Penilaian Aspek Pengetahuan
NO
|
KUNCI JAWABAN
|
SKOR
|
1.
2.
3
1.
|
a) K
= { 1, 4, 9, 16, 25, 36, 49 }
b) (i) A = { alat – alat tulis kantor }
(ii)
B = { bilangan asli genap }
c) (i)
C = { x / x € huruf vocal }
(ii)
D = { x / x ≥ 5 x kelipatan 5 }
Langkah penyelesaian:
1) Pahami
baik-baik setiap kalimat pada soal nomor 3, rencanakan membuat suatu diagram
venn untuk menyelesaikan permasalahan.
S
2) Terlebih
dahulu masukkan data siswa yang gemar makan soto dan sate pada diagram venn di atas (27 siswa).
3) Cari
dulu data jumlah siswa yang hanya gemar makan soto saja, yaitu dengan jalan mengurangi
jumlah siswa yang senang makan soto dengan jumlah siswa yang senang
kedua-duanya (makan soto dan sate), yaitu siswa.
4) Kemudian
cari data jumlah siswa yang hanya gemar makan sate saja. Caranya dengan
mengurangi jumlah siswa yang senang makan sate dengan jumlah siswa yang
senang makan kedua-duanya, yaitu siswa.
5) Terakhir,
mencari jumlah siswa yang tidak senang makan soto dan sate. Caranya, dengan
mengurangi jumlah seluruh siswa di kelas dengan jumlah seluruh siswa yang
senang makan bakso, senang makan batagor, dan senang kedua-duanya, yaitu 45 –
(5 + 8 + 27) = 5 siswa.
6) Atau
diagram venn selengkapnya seperti berikut ini:
S
5 5 27 8
P = { 1, 2, 3, 4, 6, 12 }, maka banyaknya anggota himpunan P atau n(P)
= 6, banyaknya himpunan bagian dari P yang mempunyai 4 anggota, sama
dengan kombinasi yang terdiri 4 unsur dari 6 unsur yang berbeda
tersebut.
|
5
5
5
10
5
5
8
12
15
15
15
|
|
JUMLAH
SKOR
|
100
|
|
Format Pengamatan
Penilaian Sikap
Mata Pelajaran
: Matematika
Aspek/materi pokok : Himpunan
Kelas/Semester : VII/I
Tahun ajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan : Selama Proses
Pembelajaran
No
|
Nama Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Ardi Luardi
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Arga Sipermana
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Bayu Pamungkas
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
4
|
Bagus Sujiwo
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
5
|
Badriah
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
6
|
Carli
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
7
|
Cecep Jaenal Mutakin
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
8
|
Cepiyudin
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
9
|
Dadang
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
10
|
Dedi Mulyadi
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
11
|
Deni Agus Susanto
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
12
|
Dede Sudirman
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
13
|
Dede Nur Ayip
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
14
|
Dede Kosasih
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
15
|
Demian
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
16
|
Egi Aljahra
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
17
|
Eko Kustanto
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
18
|
Ela Nurlela
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
19
|
Ema Afika
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
20
|
Eka Ramdani
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
21
|
Fauji Bowo
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
22
|
Fahrul Aziz
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
23
|
Fahmi Ulum
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
24
|
Fatonah
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
25
|
Gading Martin
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
26
|
Galuh Lengku Agung
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
27
|
Ganjar Gumilar
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
28
|
Gugum
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
29
|
Jaenal Abidin
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
||
30
|
Winda Arum Sari
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
Tanggung
Jawab
|
|
|
|
|
|
||
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
||
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
||
TOTAL SKOR
|
|
|
|
|
|
Keterangan: Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang skor 1 sampai 5.
1 = sangat kurang; 2 = kurang; 3 = cukup; 4 = baik dan
5 = amat baik.
Untuk
penilaian sikap, angka ini berfungsi sebagai alat peringkas
profil peserta didik, bukan
sebagai harga mati untuk KKM.
Format Pengamatan
Penilaian Ketrampilan
Mata Pelajaran
: Matematika
Aspek/materi pokok : Himpunan
Kelas/Semester : VII/I
Tahun ajaran : 2014/2015
Waktu
Pengamatan : Selama Proses
Pembelajaran
NO
|
NAMA
SISWA
|
KETRAMPILAN
|
||
Menerapkan Konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1.
|
Ardi
Luardi
|
|
|
|
2
|
Arga
Sipermana
|
|
|
|
3
|
Bayu
Pamungkas
|
|
|
|
4
|
Bagus
Sujiwo
|
|
|
|
5
|
Badriah
|
|
|
|
6
|
Carli
|
|
|
|
7
|
Cecep
Jaenal Mutakin
|
|
|
|
8
|
Cepiyudin
|
|
|
|
9
|
Dadang
|
|
|
|
10
|
Dedi
Mulyadi
|
|
|
|
11
|
Deni
Agus Susanto
|
|
|
|
12
|
Dede
Sudirman
|
|
|
|
13
|
Dede
Nur Ayip
|
|
|
|
14
|
Dede
Kosasih
|
|
|
|
15
|
Demian
|
|
|
|
16
|
Egi
Aljahra
|
|
|
|
17
|
Eko
Kustanto
|
|
|
|
18
|
Ela
Nurlela
|
|
|
|
19
|
Ema
Afika
|
|
|
|
20
|
Eka
Ramdani
|
|
|
|
21
|
Fauji
Bowo
|
|
|
|
22
|
Fahrul
Aziz
|
|
|
|
23
|
Fahmi
Ulum
|
|
|
|
24
|
Fatonah
|
|
|
|
25
|
Gading
Martin
|
|
|
|
26
|
Galuh
Lengku Agung
|
|
|
|
27
|
Ganjar
Gumilar
|
|
|
|
28
|
Gugum
|
|
|
|
29
|
Jaenal
Abidin
|
|
|
|
30
|
Winda
Arum Sari
|
|
|
|
KT : Kurang terampil jika sama sekali tidak dapat
menerapkan konsep/prinsip strategi pemecahan masalah yang relevan dengan
materi.
T
: Terampil jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan
konsep/prinsip strategi pemecahan masalah yang relevan dengan materi namun
belum maksimal.
ST :
Sangat terampil jika menunjukkan adanya
usaha untuk menerapkan konsep/prinsip strategi pemecahan masalah yang relevan
dengan materi secara maksimal.
Cirebon, 1 November 2014
Mengetahui,
Kepala SMP N
2 GREGED Guru
Mata Pelajaran
Suhanda, S.Pd M.Kpd Nana
Sumarna, S.Pd
NIK : 611204.1.10.001 NPM
: 111070113
Lampiran
Himpunan
Pengertian Himpunan
Himpunan dalam pengertian matematika
sering juga disebut kumpulan, atau kelompok. Himpunan dapat dibayangkan sebagai
suatu kumpulan benda-benda baik yang “jelas” maupun yang “tidak jelas”.
Kumpulan benda-benda yang jelas, artinya kumpulan objek yang anggota-anggotanya
dapat ditetapkan secara jelas. Sedangkan kumpulan benda-benda yang tidak jelas,
artinya kumpulan objek yang anggota-anggotanya tidak dapat ditetapkan dengan
jelas.
Perhatikan beberapa contoh kalimat
berikut.
a.
Kumpulan nama-nama bulan dalam satu
tahun.
Apakah
Anda dapat menyebutkan nama-nama bulan dalam satu tahun? Tentu saja kita semua
mengetahui bahwa nama-nama bulan dalam satu tahun adalah: Januari, Februari,
Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan
Desember. Tepatnya ada 12 bulan dalam satu tahun. Hal ini berarti bahwa
kumpulan nama-nama bulan dalam satu tahun memiliki anggota yang dapat
dikelompokkan atau ditetapkan secara jelas.
b.
Kumpulan orang kaya di kota Sumedang.
Apakah
Anda mengetahui siapa saja orang kaya di kota Sumedang? Berapa banyak uang
tabungannya di bank agar dapat disebut sebagai orang kaya? Berapa banyak mobil
yang harus dia miliki agar tersohor sebagai orang kaya? Anggota dari kumpulan
orang kaya di kota Sumedang tidak dapat kita tetapkan atau kelompokkan secara
jelas, karena pengertian ‘kaya’ itu sendiri sangat relatif atau tidak jelas.
Dari
kedua contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa pada contoh (a) kita dapat
mengetahui bahwa kumpulan tersebut merupakan sebuah himpunan. Mengapa demikian?
Karena kita dapat mengelompokkan anggota-anggotanya dengan jelas. Sedangkan
pada contoh (b), karena kita tidak dapat menetapkan anggota kelompoknya dengan
jelas, maka kumpulan tersebut bukan merupakan suatu himpunan.
Dengan demikian, kita dapat menyusun
suatu pengertian himpunan, yaitu:
Himpunan
adalah kumpulan benda-benda atau objek yang anggota-anggotanya dapat
dikelompokkan atau ditetapkan secara jelas.
Suatu himpunan biasanya dinyatakan
dengan menggunakan tanda kurung kurawal dan diberi nama dengan menggunakan
huruf kapital, misalnya A, B, C, dan seterusnya.
Contoh
4.1.1:
Himpunan bilangan asli kurang dari 25!
Misalnya himpunan itu diberi nama A,
maka A adalah himpunan bilangan asli kurang dari 25 yang dapat kita tulis, A =
{bilangan asli kurang dari 25}.
Contoh
4.1.2:
Himpunan nama bulan dalam satu tahun
yang diawali dengan huruf J.
Misalnya himpunan itu diberi nama B,
maka B adalah himpunan nama bulan dalam satu tahun yang diawali dengan huruf J yang dapat kita
tulis, B = {nama bulan dalam satu tahun yang diawali dengan huruf M}.
Untuk menyatakan keanggotaan suatu
himpunan digunakan lambang dan untuk menyatakan
bahwa suatu objek atau benda yang bukan anggota suatu himpunan digunakan
lambang .
Contoh
4.1.3:
A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}, maka:
1 merupakan anggota A, ditulis 1 A,
5 merupakan anggota A, ditulis 5 A,
12 bukan anggota A, ditulis 12 A.
Penulisan Himpunan
Ada tiga cara untuk menyatakan suatu
himpunan, antara lain:
1. dengan
mendaftar anggota himpunan;
2. dengan
menjelaskan sifat anggota himpunan;
3. dengan
menggunakan notasi pembentuk himpunan.
Contoh
4.1.4:
Misalkan kita akan menyatakan himpunan
nama bulan dalam satu tahun yang diawali dengan huruf J.
1. Dengan
mendaftar anggota himpunan, misalnya B = {Januari,
Juni, Juli}
2. Dengan
menjelaskan sifat anggota himpunan, misalnya Himpunan nama bulan dalam satu tahun yang diawali dengan huruf J.
3. Dengan
menggunakan notasi pembentuk himpunan, misalnya B = {nama bulan dalam satu tahun yang diawali dengan huruf J}.
Kalimat ini dapat dibaca, B adalah himpunan dari semua dan adalah nama bulan
dalam satu tahun yang diawali dengan huruf J.
Penggunaan pada notasi penulisan
himpunan dapat diganti dengan huruf kecil lainnya. Misalnya:
A
= { nama bulan dalam satu
tahun yang diawali dengan huruf J}
atau,
A
= { nama bulan dalam satu
tahun yang diawali dengan huruf J}
Contoh
4.1.5:
Suatu Himpunan A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
mempunyai anggota sebanyak 7 buah dan ditulis n(A) = 7. Sedangkan suatu
himpunan Z = { huruf yang menyusun
kata “harry potter”}. Kata harry potter terdiri atas 11 huruf, yaitu h, a, r,
r, y, p, o, t, t, e, r. Huruf r ada 3 buah dan huruf t ada 2 buah, tetapi
karena anggota yang sama dalam satu
himpunan hanya ditulis satu kali,
sehingga salah jika kita menuliskannya sebagai Z = {h, a, r, r, y, p, o, t,
t, e, r}. Yang benar Z = {h, a, r, y, p, o, t, e}. Dengan demikian, kita dapat
mengetahui bahwa banyaknya anggota himpunan K adalah 8 buah dan dapat ditulis
n(Z) = 8.
Himpunan Kosong
Apakah setiap himpunan mempunyai
anggota? Perhatikan beberapa contoh kalimat berikut.
Contoh
4.1.6:
A = {bilangan cacah yang kurang dari 8},
maka A = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8}. Sehingga kita dapat mengetahui bahwa banyak
anggota himpunan A adalah 8 dan ditulis n(A) = 8.
Contoh
4.1.7:
B = { adalah bilangan asli
yang kurang dari 1}. Menurut Anda, adakah bilangan asli yang kurang dari 1?
Karena tidak ada suatu bilangan yang termasuk kelompok bilangan asli yang
kurang dari 1, maka kita dapat menyimpulkan bahwa himpunan B tidak memiliki
anggota. Sehingga kita dapat menulisnya B = { } dan n(B) = 0.
Contoh
4.1.8:
P = {himpunan bilangan prima antara 14
dan 16}. Hanya ada satu bilangan antara 14 dan 15, yaitu bilangan 15. Tetapi,
apakah bilangan 15 merupakan bilangan prima? Ternyata bilangan 15 bukan
merupakan bilangan prima, karena memiliki faktor-faktor {1, 3, 5, 15}. Oleh
karena itu, kita dapat menyatakan bahwa himpunan P tidak memiliki anggota dan
ditulis P = dan n(P) = 0.
Dari himpunan-himpunan pada Contoh
4.1.6, Contoh 4.1.7, dan Contoh 4.1.8, ternyata terdapat himpunan yang tidak
mempunyai anggota, yaitu himpunan pada Contoh 4.1.7 dan Contoh 4.1.8. Himpunan
yang tidak mempunyai anggota tersebut kita namakan sebagai himpunan kosong.
Ingat, suatu himpunan kosong yang
ditulis P = { }, berarti himpunan tersebut tidak memiliki anggota, atau n(P) =
0. Akan tetapi suatu himpunan dengan anggotanya nol, misal Q = {0}, bukan
merupakan himpunan kosong, karena jumlah anggotanya adalah 1, ditulis n(Q) = 1.
Anda harus hati-hati, jangan sampai keliru membedakannya.
Himpunan Semesta
Untuk dapat memahami pengertian himpunan
semesta, perhatikanlah beberapa contoh himpunan di bawah ini.
Contoh
4.1.9:
H = {bebek, ayam, kucing, sapi, macan}
Himpunan H terdiri dari nama-nama hewan.
Oleh karena itu, himpunan semesta ini dapat dinyatakan sebagai himpunan semua
hewan yang ada di dunia.
Contoh
4.1.10:
K = {5, 7, 11}
Himpunan-himpunan yang dapat memuat
semua anggota K di antaranya adalah {bilangan ganjil}, {bilangan asli}, atau
{bilangan prima}. Oleh karena itu, himpunan semesta dari himpunan B adalah
{bilangan ganjil}, {bilangan asli}, {bilangan prima}.
Himpunan Bagian
Diketahui dua himpunan A = {a, b, c} dan
B = {a, b, c, d, e, f, g}. Dari kedua himpunan tersebut dapat dilihat bahwa
semua anggota A merupakan anggota B juga. Ini berarti bahwa himpunan A
merupakan himpunan bagian dari himpunan B dan dapat ditulis A B.
Himpunan A merupakan himpunan bagian
dari himpunan B jika setiap anggota A menjadi anggota B dan dapat ditulis A B. Atau dapat juga
dikatakan bahwa himpunan B memuat A yang dapat ditulis B A.
Contoh
4.1.11:
Diketahui M = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8,
9, 10} dan N = {2, 4, 6, 8, 10}. Tentukan hubungan antara himpunan M dan
himpunan N!
Jawaban:
Karena setiap anggota N merupakan
anggota M, maka hubungan antara himpunan M dan himpunan N adalah M N, atau N M.
Untuk menentukan banyaknya himpunan
bagian dari suatu himpunan digunakan rumus 2, dengan n menyatakan jumlah anggota suatu himpunan. Misal,
himpunan A = {1, 2, 3}. Karena n(A) = 3, maka
banyaknya himpunan bagian dari himpunan A adalah 2, yaitu 8.
Diagram Venn
Masih terdapat cara selain untuk
menyatakan keanggotaan suatu himpunan (lihat kembali 3 cara pada bagian
sebelumnya, yakni dengan Diagram Venn.
Diagram Venn ini diperkenalkan oleh John Venn (1834-1923) dapat
digunakan untuk menyatakan sebuah himpunan. Diagram venn dapat digambarkan
dalam bentuk elips atau lingkaran yang di dalamnya terdapat anggota suatu
himpunan yang ditunjukkan dengan sebuah noktah atau titik.
Contoh
4.1.12:
Diketahui himpunan A = {a, b, c, d}
sedangkan himpunan semestanya adalah S =
{a, b, c, d, e, f, g, h}. Gambar diagram venn untuk himpunan A tersebut adalah
sebagai berikut:
Unsur yang tidak termasuk dalam anggota
himpunan harus diletakkan di luar diagram venn. Dalam diagram venn, semesta
pembicaraan digambarkan dalam bentuk persegi. Himpunan bagiannya digambarkan
dengan kurva tertutup sederhana. Anggota himpunannya digambarkan dengan noktah
(titik).
IZIN MIN
BalasHapus